RAKYAT MISKIN TERTINDAS DEMO TUNTUT PERADILAN BERSIH

Kelana Kota

16 Juli 2009, 14:49:09| Laporan Eddy Prasetyo
suarasurabaya.net| Sekitar seratusan massa yang menamakan dirinya Forum Hari Peradilan Bersih, Kamis (16/07) berunjukrasa di gedung Pengadilan Negeri Surabaya. Forum ini terdiri dari sejumlah kelompok masyarakat, diantaranya Forum Serikat pekerja Metal Indonesia (FSPMI), Aliansi Buruh menggugat, Serikat pedagang Kaki Lima Surabaya, dan Masyarakat Stren Kali. Mereka mendesak lembaga peradilan di Indonesia mewujudkan peradilan yang imparsial, tidak memihak, dan bersih dari praktik mafia peradilan.

JAMALUDDIN juru bicara Forum Peradilan Bersih menjelaskan satu diantara ruang publik yang hingga kini diindikasikan belum bersih dari masalah adalah lembaga peradilan. Menurut aktivis Aliansi Buruh Menggugat Jawa Timur ini, dunia peradilan masih meminggirkan masyarakat miskin. Sebaliknya, kalangan orang berpunya lebih punya kekuatan mengendalikan putusan-putusan di lembaga ini karena tumbuh suburnya praktik mafia peradilan.

Dia mencontohkan gugatan class action yang diajukan masyarakat Stren Kali Jagir yang akhirnya ditolak PN Surabaya dalam putusan selanya. Padahal putusan itu sangat mempengaruhi hajat hidup masyarakat miskin perkotaan.

Prinsip peradilan yang cepat, sederhana, biaya murah, dan adil ternyata masih jauh dari kenyataan. Sehari-hari kami dihadapkan pada kenyataan bahwa lembaga peradilan masih berpihak pada orang kaya, bukan orang miskin seperti kami,” paparnya.

Untuk itu bertepatan dengan Hari Peradilan Bersih, para pengunjukrasa mendesak dibersihkannya mafia peradilan, menuntut para hakim tidak memihak, dan meminta para hakim memiliki kepekaan sosial dalam memutuskan perkara.

Unjukrasa yang diikuti buruh, warga marjinal stren kali, dan mahasiswa ini mendapatkan penjagaan dari polisi dan hanya bisa menggelar aktivitasnya di luar pagar. Setelah menyampaikan orasi dan membagikan selebaran pada pengguna Jl. Arjuna, massa akhirnya bubar dengan tertib.(edyP

Teks Foto :
– Pengunjukrasa mendesak adanya peradilan yang bersih di Pengadilan Negeri Surabaya.
Foto : EDDY suarasurabaya.net

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s