MENJELANG MAYDAY ABM JATIM DEADLINE PEMPROV SECEPATNYA ATASI GELOMBANG PHK MASSAL

SuaraSurabaya.Net

Kelana Kota

23 April 2009, 14:07:01| Laporan Eddy Prasetyo
May Day 2009, Ribuan Buruh Ancam Duduki Kantor Gubernur Jatim

suarasurabaya.net| Pemprop Jawa Timur diberi tenggat waktu sampai dengan akhir April untuk menunjukkan itikad penyelesaian permasalahan ketenagakerjaan. Jika tidak, 1 Mei mendatangm bertepatan dengan Hari Buruh Internasional, ribuan buruh akan menggelar unjukrasa di kantor Gubernur Jawa Timur.

Ini satu diantara pernyataan yang disampaikan perwakilan buruh dalam audiensi Wakil Gubernur Jawa Timur dengan lembaga kerjasama tripartit Propinsi melibatkan serikat buruh serikat peekrja se-jawa Timur, instansi terkait ketenagakerjaan, dan perwakilan pengusaha di kantor Gubernur Jatim, Kamis (23/04).

JAMALUDDIN juru bicara Aliansi Buruh Menggugat (ABM) Jawa Timur pada suarasurabaya.net mengatakan dalam audiensi itu pihaknya sudah memberikan gambaran tentang situasi ketenagakerjaan di Jatim sekaligus juga permasalahan ekonomi yang dihadapi pengusaha di hadapan Wakil Gubernur Jawa Timur.

Menurut JAMALUDDIN, untuk menangani masalah ini, Gubernur Jawa Timur harus secara tegas mengeluarkan produk hukum menghadapi situasi gawat perburuhan. “Kunci dari permasalahan perburuhan yang berdampak pada PHK massal di Jatim ini adalah pengawasan, kebijakan UMK, dan stimulus ekonomi,” papar dia.

Untuk itu Gubernur Jatim, lanjut dia, didesak untuk mengeluarkan produk hukum itu sebelum peringatan Hari Buruh Internasional atau yang sering disebut sebagaiu May Day.

Dalam audiensi tersebut, SYAIFULLAH YUSUF Wakil Gubernur Jawa Timur menjanjikan akan melakukan sejumlah langkah, yakni merumuskan juklak dan juknis mengenai pengawasan ketenagakerjaan, mengagendakan stimulus ekonomi untuk pengusaha, dan kebijakan emergency sosial bagi para tenaga kerja yang terkena PHK.(edy)

Kamis, 23/04/2009 15:17 WIB
May Day, Ribuan Buruh Ancam Kepung Gubernuran

Berita Jatim

Reporter : Rahardi Soekarno

Surabaya – Aliansi Buruh Menggugat (ABM) Jatim mengancam akan mengerahkan 5 ribu massa buruh untuk menduduki kantor Gubernur Jatim di jalan pahlawan dalam memperigati hari buruh pada 1 Mei nanti.

Mereka juga meminta Gubernur Jatim Soekarwo dan Wagub Saifullah Yusuf (Gus Ipul) ikut merayakan hari buruh dan menerima perwakilan buruh.

Koordinator ABM Jatim Jamaluddin mengatakan, ancaman itu dikeluarkan lantaran tidak ada itikad baik dari pemprov untuk mengatasi masalah perburuhan di Jatim yang sudah sangat serius.

“Data PHK di ABM Jatim hingga saat ini mencapai 14 ribu orang, pemprov malah lebih besar yakni 16 ribu orang. Belum lagi data dari PT Jamsostek, sejak Januari-Maret 2009, PHK di Jatim menembus angka 50 ribu orang. Ini benar-benar mencengangkan kami,” kata Jamal usai bertemu Wagub di gubernur, Jalan Pahlawan Surabaya, Kamis (23/4/2009).

ABM Jatim menuntut kepada pemprov agar mengeluarkan policy (kebijakan) berupa pergub tentang penyelesaian masalah PHK di Jatim. Pihaknya berharap pergub itu sudah keluar pada 1 Mei 2009.

Selain itu, pihaknya juga meminta adanya revitalisasi atau perombakan total tim pengawas ketenagakerjaan dari Disnakertrans Jatim yang dianggap mandul dan program jaringan pengaman sosial (akses pendidikan dan kesehatan gratis bagi buruh ter-PHK).

Sementara Wagub Saifullah Yusuf berjanji akan menerima aksi buruh yang jatuh pada hari Jumat (1/5/2009) mendatang bersama gubernur. “Silahkan saja melakukan demo pada Hari Buruh Internasional. Tapi, ya jangan banyak-banyak sampai 5.000 orang,” katanya setengah bercanda kepada wartawan. (tok/eda)

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s