Ratusan Pekerja Demo Intansi Penindas Buruh

Rabu, 18/03/2009 12:58 WIB

Reporter : Arif Fajar A

Surabaya- Ratusan buruh yang tergabung dalam Aliansi Buruh Menggugat menggelar aksi demonstrasi terkait dengan permasalahan penindasan buruh, Rabu (18/03/2009).

Beberapa titik yang didatangi buruh tersebut antara lain kantor Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) Jalan Dukuh Menanggal Surabaya, Kantor Kejati Jatim Jalan A Yani Surabaya, Polwiltabes Surabaya, Kantor Gubernur dan kantor PT Okamoto Jalan Darmo Harapan Surabaya.

Dengan membawa berbagai macam poster yang berisi tuntutan agar pihak-pihak terkait segera menyelesaikan kasus buruh tersebut, mereka berorasi disetiap kantor yang menjadi tujuan aksi demonstrasinya.

Jamaludin selaku koordinator aksi mengatakan bahwa masalah penindasan yang diterima oleh buruh tersebut sudah sedemikian parah, mulai perusahaan, polisi, pengadilan hingga kejaksaan semuanya dinilai telah menganaktirikan kaum buruh yang notabene adalah kaum tidak berduit.

Melalui aksi ini Jamaludin berharap agar pihak terkait tidak lagi menindas kauim buruh.

“Dalam berbagai kasus, kami selalu kalah dengan alasan yang kadang tidak masuk akal, melalui aksi ini kami berharap semua instansi terkait tidak lagi meremehkan kaum buruh,” ujar Jamaludin saat ditemui di sela-sela aksinya di depan kantor Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, Rabu (18/03/2009).

Sempat terjadi keributan kecil saat aksi berlangsung di depan kantor PHI, masa yang berada diluar memaksa masuk, tetapi dihalang-halangi oleh petugas, aksi saling dorongpun tak terelakkan, beruntung semuanya bisa kembali tenang.

Saat ini ratusan buruh tersebut melanjutkan aksi menuju Polwiltabes Surabaya kemudian diteruskan menuju kantor Gubernur dan diakhiri dengan pengepungan Kantor PT Okamoto sebagai simbol salah satu perusahaan penindas dan pelanggar hak buruh.[rif/ted]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s