Kembali Turun ke Jalan, Ratusan Massa Buruh Kepung 6 Titik

suarasurabaya.net| Untuk kesekian kalinya buruh yang tergabung dalam Aliansi Buruh Menggugat (ABM) Jawa Timur menggelar unjukrasa menuntut perbaikan nasib. Kali ini, ratusan buruh ABM Jawa Timur berasal dari Surabaya, Sidoarjo, Malang, dan Kediri menjadikan kantor Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) di Jl. Dukuh Menanggal I, Kejaksaan Tinggi Jawa Timur Jl. Ahmad Yani, Mapolwiltabes Surabaya Jl. Sikatan, Pengadilan Negeri Surabaya, PT Okamoto Darmo Harapan, dan kantor Gubernur Jatim sebagai sasaran unjukrasa.

JAMALUDDIN Koordinator ABM Jawa Timur pada suarasurabaya.net, Rabu (18/03) mengatakan dalam unjurkasa di PHI, buruh menuntut lembaga ini mengganti majelis hakim kasus perburuhan restoran Sea Master dan KFC, masing-masing WAYAN SUASTRAWAN, BEKAWAN, dan HARDI PURWANTO karena dinilai tidak bisa adil membuat putusan sela dan akhir kasus tersebut.

Dalam unjurasa di PHI ini, sempat terjadi ketegangan ketika buruh tiba-tiba mendorong pagar kantor tersebut. Polisi tidak merespon serius aksi spontan para buruh tersebut. Untungnya aksi dorong pagar itu tidak berujung bentrok antara polisi dan buruh.

Setelah puas menyampaikan aspirasinya di PHI, para buruh bergeser ke Pengadilan Tinggi Jawa Timur. Di sana mereka meminta pihak kejaksaan tidak mempermainkan kasus buruh di Jatim. Mereka juga meminta jaksa menahan pengusaha PO Tjipto dan segera menyelesaikan berkas acara pemeriksaan (BAP) kasus tersebut.

Di kantor Gubernur Jawa Timur, ABM Jatim juga menuntut adanya reformasi dan perombakan pengawasan Ketenagakerjaan Propinsi Jawa Timur. “Pengawasan ketenagakerjaan di Jawa Timur sangat memprihatinkan. Banyak kasus pelanggaran aturan perburuhan dilanggar tapi pengawas tak bisa berbuat apapun seakan mereka menutup mata akan terjadinya pelanggaran!” ungkap JAMALUDDIN.

Unjukrasa ini juga sempat menimbulkan kepadatan arus lalu lintas di jalan-jalan yang dilewatinya karena sebagian besar dari para buruh menggunakan sepeda motor dalam berkonvoi di jalan.(edy)

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s