Perkembangan Sidang UMK;Intervensi ABM Ditolak APINDO

Surabaya Pagi,11 February 2009
Apindo Tolak Gugatan Intervensi Buruh
Keinginan buruh Jatim untuk menjadi penggugat intervensi atas perkara gugatan yang diajukan DPD Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jatim terhadap Gubernur Jatim mengenai kenaikan upah minimum kota/kabupaten, tidak berjalan mulus.

Pasalnya, Apindo Jatim dengan tegas menolak gugatan intervensi buruh tersebut.

Penolakan tersebut disampaikan kuasa hukum Apindo, Darmaji SH dalam jawaban atas intervensi yang diajukan buruh terhadap perkara perdata No.691/Pdt.G/PN. Sby di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya. ”Gugatan intervensi yang disampaikan Djamaluddin cs adalah tidak tepat,” tegas Darmaji.

Menurut Darmaji, pihaknya menolak dengan tegas masuknya Djamaluddin dalam perkara aquo karena keikutsertaan yang diajukan tidak memenuhi syarat formil dan meteriil. Sehingga merupakan intervensi yang tidak tepat.

Selain itu para penggugat intervensi tidak memiliki kualitas dan kapasitas untuk mewakili organisasinya masing-masing, bahkan para penggugat intervensi tidak memiliki legal standing untuk mengajukan intervensi. ”Para intervenient tidak menunjukkan mandat dari pengurus yang lain, sehingga secara yuridis formal tidak mempunyai legal standing,” ungkapnya.

Atas penolakan ini majelis hakim yang diketuai Berlin Damanik masih belum memberikan keputusan. Berlin memberikan waktu pada Gubernur Jatim untuk memberikan jawabannya. ”Sidang kami tunda Jum’at, dengan agenda jawaban dari Gubernur,” tegas Berlin.

Sementara itu direktur LBH Surabaya, Syaiful Aris menyatakan para buruh berkepentingan dengan gugatan ini, karena dengan adanya gugatan ini buruh merasa dirugikan. nbud

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s