27 Januari 2009 ALIANSI BURUH MENGGUGAT(ABM) JAWA TIMUR DKK LAWAN GUGATAN APINDO JATIM(ALIM MARKUS CS) UNTUK MEMBATALKAN UMK JATIM 2009

MAJELIS HAKIM PN SURABAYA HARUS TOLAK GUGATAN APINDO NO.691/PDT.G/PN.SBY DENGAN PUTUSAN SELA,PN SURABAYA JANGAN JADI ALAT & KEPANJANGAN TANGAN PARA KAPITALIS/PEMODAL UNTUK MEMISKINKAN JUTAAN BURUH JAWA TIMUR DENGAN MENYIDANGKAN APALAGI MENCABUT SK GUBERNUR 188/403/KPTS/2008 TENTANG PENETAPAN UMK JATIM TAHUN 2009

Perkembangan nasib buruh di Jatim semakin parah,Pengusaha semakin sewenang-wenang dalam menindas dan melanggar hak-hak buruh sehingga para buruh semakin terpuruk dalam pemiskinan
Dan ketidakadilan dimana Pelanggaran UMK tahun 2009 ini terjadi secara sistematis dan besar-besaran,Pemicu&Akar masalah dari maraknya dan semakin berkembangnya pelanggaran UMK karena Himbauan APINDO Jatim agar Pengusaha tidak melaksanakan SK Gubernur Tentang UMK serta Gugatan perdata 91/PDT.G/2008/PN.SBY .
Terkait gugatan yang sudah disidangkan di PN,maka sejumlah perwakilan buruh dari ABM dkk dengan kuasa hokum dari LBH Surabaya 27 Januari 2009 menempuh Legal Action dalam bentuk mengajukan permohonan kepada Majelis Hakim untuk dapat menjadi Pihak yang turut berperkara atau dalam kasus ini berposisi menjadi penggugat intervensi.
Langkah ini dilakukan untuk melawan upaya hukum Alim Markus dkk dengan kuasa hukum Tjandra Sridjaya dkk dari kantor advokat Srijaya yang bermaksud membatalkan dan mencabut SK Gubernur Tentang UMK yang berdampak banyak pelanggaran UMK maupun pemiskinan terhadap jutaan buruh Jatim akan semakin parah.

Oleh sebab itu ABM dkk menuntut dan mendesak kepada: Pengadilan Negeri Surabaya Untuk:
.
1. PHI Surabaya agar menjatuhkan Putusan Sela karena bukan kompetensi absolute/kewenangan PN untuk mengadili sengketa UMK karena keberatan terhadap UMK sudah tersedia mekanisme penangguhan dan eksekutif review/revisi oleh Gubernur.
2. Gugatan ini cacat hokum karena mendasarkan pada Peraturan Bersama 4 Menteri/SKB 4 Menteri & dijadikan legitimasi maraknya pelanggaran dan meresahkan serta mengancam nasib jutaan buruh sehingga Majelis Hakim harus menolak.
3. Wujudkan Pengadilan Bersih&Adil yang Tidak memberangus Hak Buruh dan menjadi Alat korporasi busuk untuk Pemiskinan Massal buruh.

Surabaya, 27 Januari 2009

Jamaludin

Koordinator ABM Jawa Timur

LAPORAN SIDANG PERKARA 691/PDT.G/2008/PN.SBY
ALIM MARKUS DKK(PENGGUGAT)-KUASA HUKUM KANTOR ADVOKAT SRIJAYA
MELAWAN
GUBERNUR JAWA TIMUR (TERGUGAT)
&
JAMALUDIN-ABM JATIM DKK(PEMOHON PENGGUGAT INTERVENSI)KUASA HUKUM LBH SBY
TENTANG
PENBATALAN DAN PENCABUTAN

Keputusan Gubernur No. 188/403/KPTS/2008 Tentang Penetapan Upah Minimum Kabupaten/Kota di Jawa Timur Tahun 2009 karena melanggar Pasal 3 PB/SKB 4 Menteri yaitu Besaran UMK yang ditetapkan Gubernur sekitar 17% padahal sesuai SKB seharusnya tidak boleh melebihi 6%,selain itu Gubernur dianggap mengabaikan kesepakatan&rekomendasi Dewan Pengupahan Kota Sby Kota yang merekomendasikan UMK 2009 sebesar 905.500

Sidang dimulai sekitar jam 13.20 sampai 13.35 di Ruang Sari PN Surabaya dipimpin oleh Ketua Majelis Berlin Damanik,dengan Hakim anggota Jack Octavianus&Hadi Budi dengan agenda Replik,Dari pihak penggugat diwakili Pengacara Irit Suseno dan Darmaji,sedangkan Gubernur Jawa Timur diwakili oleh Puguh dan Wahyu dari Biro Hukum&Biro Kesra Pemerintah Provinsi Jawa Timur,Setelah persidangan dibuka Majelis meminta Replik dan setelah Replik diserahkan selanjutnya Replik diberikan kepada Tergugat tanpa perlu dibacakan,kemudian Ketua Majelis menyampaikan sidang berikutnya agendanya adalah duplik oleh sebab itu Selasa depan tergugat sudah harus siap.
Dalam persidangan tersebut Jamaludin,Koordinator ABM Jatim melakukan interupsi dan menyampaikan Pengajuan Intervensi Dalam Perkara Tersebut Karena Obyek Sengketa menyangkut nasib/hajat hidup/kesejahteraan ribuan anggota ABM Jatim sekaligus jutaan buruh Jawa Timur,apalagi perkembangan lapangan gugatan ini dijadikan legitimasi dan salah satu alasan banyak pengusaha untuk tidak membayar UMK.
Ketua Majelis kemudian memanggil perwakilan yang mengajukan intervensi,Direktur LBH Surabaya M.Syaiful Aris bersama Noeriana maju dan menyerahkan Berkas-Berkas untuk keperluan administrative.
Setelah itu Majelis menyampaikan kepada Penggugat dan Tergugat terkait intervensi ini dan sesuai Hukum Acara Perdata Majelis akan mempelajari dulu dan baru akan menetapkan intevensi ini dalam persidangan berikutnya.
Akhirnya sidang yang berlangsung cukup singkat dan dihadiri sekitar 50 perwakilan buruh dari SBK-KASBI,SP KEP,SPSI,SP LEM,SBSI,PPMI &Sarbumusi itu ditutup.

SURAT KUASA KHUSUS

Yang bertandatangan dibawah ini :
1. DJAMALUDIN M; Pekerjaan Buruh; Alamat tempat tinggal di Jalan Manyar Sabrangan IX/25 Surabaya; dalam hal ini bertindak selaku diri sendiri dan dalam kapasitasnya sebagai Koordinator Aliansi Buruh Menggugat Jawa Timur.
2. ANDRI KRISTIN SLAMET; Pekerjaan Buruh; Alamat tempat tinggal di Desa Bandar Lor X/50 Kediri.
3. SYAHRIL ROMADHON; Pekerjaan Buruh; Alamat tempat tinggal di Jalan Gubeng Kertajaya 1E/17 Surabaya; dalam hal ini bertindak selaku diri sendiri dan dalam kapasitasnya sebagai Pengurus Serikat Buruh Kerakyatan/KASBI Surabaya.
4. HERRY MARDIANTO; Pekerjaan Buruh; Alamat tempat tinggal di Jalan Kedinding Tengah Jaya Gang IV No. 16 Surabaya; dalam hal ini bertindak selaku diri sendiri dan dalam kapasitasnya sebagai Pengurus Basis SBK PT. Fast Food Indonesia.
5. YUSUF DWI HANDOKO; Pekerjaan Swasta; Alamat tempat tinggal di Jalan Simo Sidomulyo X/7 Surabaya; dalam hal ini bertindak dalam kapasitasnya sebagai Pengurus FNPBI Independen Surabaya.
6. KHOIRUL ANAM; Pekerjaan Swasta; Alamat tempat tinggal di Keborohan Tengah RT/RW 003/02 Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan; dalam hal ini bertindak dalam kapasitasnya sebagai Pengurus GSPMII Pasuruan.
7. SAFRIL; Pekerjaan Swasta; Alamat tempat tinggal di Jalan Raya Bandulan No. 6 Malang; dalam hal ini bertindak dalam kapasitasnya sebagai Pengurus SBSI Malang Kuceswara.
8. MANIPOLIS AJI; Pekerjaan Swasta; Alamat tempat tinggal di Perum Kebonagung Blok 12 No. 7 Jember; dalam hal ini bertindak dalam kapasitasnya sebagai Pengurus SARBUMUSI Basis AKAS ASRI Jember.
9. ACHMAD KHOLIL; Pekerjaan Swasta; Alamat tempat tinggal di Jalan Wendit Utara RT. 02 RW. 08 Desa Mangliawan – Pakis – Malang; dalam hal ini bertindak dalam kapasitasnya sebagai Pengurus SBSI Malang Kuceswara.
10. SAMSUL H; Pekerjaan Swasta; Alamat tempat tinggal di Dusun Balongwatu No. 10 RT. 02 RW. 10 Cangkring Malang Beji Kabupaten Pasuruan; dalam hal ini bertindak dalam kapasitasnya sebagai Pengurus FSPMI Jawa Timur.
11. MOCH. SALEH; Pekerjaan Swasta; Alamat tempat tinggal di Jalan Wijayakusuma IV/37 Probolinggo; dalam hal ini bertindak dalam kapasitasnya sebagai Pengurus FSPTI Propinsi Jawa Timur.
Angka 1 s/d angka 11 tersebut diatas; sekarang ini memilih Domisili tetap di Kantor Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Surabaya; Jalan Kidal No. 6 Surabaya.
Selanjutnya disebut sebagai : PEMBERI KUASA
Dengan ini memberi kuasa dengan Hak Substitusi dan Hak Retensi kepada :

1. M. SYAIFUL ARIS, SH.
2. ATHOILLAH, SH.
3. M.FAIQ ASSIDIQI, SH.
4. ANSHORUL HUDA, SH.
5. NOERANA DIBYANTARSIH, SH.

Semuanya Advokat dan Konsultan Hukum pada Kantor Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Surabaya; Alamat Jalan Kidal No. 6 Surabaya; baik secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri.
Selanjutnya disebut sebagai : PENERIMA KUASA.

KHUSUS
– Untuk dan atas nama Pemberi Kuasa, Penerima Kuasa mendapat hak dan wewenang penuh memberikan bantuan hukum dalam arti yang seluas-luasnya untuk mengajukan Permohonan sebagai Pihak yang ikut berperkara (intervensi) dalam Perkara Perdata di Pengadilan Negeri Surabaya No. 691/Pdt.G/2008/PN. Sby; perkara antara ALIM MARKUS Dkk sebagai Pihak Para Penggugat melawan Gubernur Jawa Timur sebagai Pihak Tergugat.

– Sehubungan hal tersebut diatas maka Penerima Kuasa berhak menghadap Ketua Pengadilan Negeri Surabaya beserta seluruh jajarannya; menghadap Majelis Hakim Pengadilan Negeri Surabaya yang memeriksa dan mengadili perkara tersebut diatas; menghadap Pejabat/Instansi baik Sipil/Swasta sehubungan dengan perkara tersebut diatas; menerima atau menolak perdamaian; membuat, menandatangani dan mengajukan Surat-Surat, Jawaban, Duplik dan Kesimpulan dalam acara jawab menjawab; mengajukan bukti-bukti surat dan saksi-saksi; menolak bukti-bukti surat dan saksi-saksi yang diajukan pihak lawan dengan mengajukan alasannya; minta Putusan, mohon dilaksanakannya Putusan dan menolak Putusan dengan Mengajukan Pernyataan Banding.

– Tegasnya Penerima Kuasa mempunyai hak dan wewenang penuh dalam arti yang seluas-luasnya demi untuk mempertahankan hak dan kepentingan Pemberi Kuasa.

Surabaya, 26 Januari 2009.

PENERIMA KUASA

1. M. SYAIFUL ARIS, SH.

2. ATHOILLAH, SH.

3. M.FAIQ ASSIDIQI, SH.

4. ANSHORUL HUDA, SH.

5. NOERANA DIBYANTARSIH, SH.
PEMBERI KUASA

1. DJAMALUDIN M

2. ANDRI KRISTIN SLAMET

3. SYAHRIL ROMADHON

4. HERRY MARDIANTO

5. YUSUF DWI HANDOKO

6. KHOIRUL ANAM

7. SAFRIL

8. MANIPOLIS AJI

9. ACHMAD KHOLIL

10. SAMSUL H

11. MOCH. SALEH

Perihal : Permohonan agar dapat menjadi Pihak Yang Ikut Berperkara dalam Perkara Perdata No. 691/Pdt.G/2008/PN. Sby di Pengadilan Negeri Surabaya .
________________________________________________________________________________
Surabaya, 27 Januari 2009.

KEPADA YTH.
MAJELIS HAKIM PENGADILAN NEGERI SURABAYA
YANG MEMERIKSA PERKARA PERDATA NO. 691/PDT.G/2008/PN. SBY
DI –
S U R A B A Y A

Dengan Hormat,
Yang bertandatangan dibawah ini :

1. M. SYAIFUL ARIS, SH.
2. ATHOILLAH, SH.
3. M.FAIQ ASSIDIQI, SH.
4. ANSHORUL HUDA, SH.
5. NOERANA DIBYANTARSIH, SH.

Semuanya Advokat dan Konsultan Hukum pada Kantor Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Surabaya; Alamat Jalan Kidal No. 6 Surabaya; yang dalam hal ini berdasarkan kekuatan Surat Kuasa Khusus tanggal 25 Januari 2009 bertindak untuk dan atas nama DJAMALUDIN Dkk.
Selanjutnya disebut sebagai : PEMOHON.

Dengan ini mengajukan Permohonan sebagaimana tertera pada Perihal Pokok Surat diatas yakni :
– Permohonan agar dapat menjadi Pihak Yang Ikut Berperkara dalam Perkara Perdata No. 691/Pdt.G/2008/PN. Sby di Pengadilan Negeri Surabaya .

Berdasarkan alasan-alasan sebagai berikut :
1. Bahwa sekarang ini di Pengadilan Negeri Surabaya sedang mengadili dan memeriksa Gugatan Perkara Perdata No. 691/Pdt.G/2008/PN.Sby antara : ALIM MARKUS dkk sebagai PARA PENGGUGAT melawan GUBERNUR JAWA TIMUR sebagai TERGUGAT terkait dengan adanya Keputusan Gubernur No. 188/403/KPTS/2008 Tentang Penetapan Upah Minimum Kabupaten/Kota di Jawa Timur Tahun 2009.

2. Bahwa Klien kami adalah Buruh dan Pengurus Serikat Buruh/Serikat Pekerja yang beranggotakan ribuan buruh sekaligus mewakili kepentingan jutaan buruh Jawa Timur lainnya yang mempunyai kepentingan langsung dan signifikan terhadap SK Gubernur No. 188/403/KPTS/2008 Tentang Penetapan Upah Minimum Kabupaten/Kota di Jawa Timur Tahun 2009 tersebut diatas dimana kebijakan UMK ini merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan kesejahteraan buruh dan keluarganya.

3. Bahwa Gugatan yang diajukan oleh ALIM MARKUS dkk sebagai PARA PENGGUGAT melawan GUBERNUR JAWA TIMUR sebagai TERGUGAT tersebut diatas dijadikan legitimasi Pengusaha untuk tidak membayar upah buruh sesuai dengan hukum dan ketentuan SK Gubernur No. 188/403/KPTS/2008 Tentang Penetapan Upah Minimum Kabupaten/Kota di Jawa Timur Tahun 2009; sehingga dengan adanya Gugatan tersebut Klien kami sangat dirugikan.
Berdasarkan hal tersebut diatas maka bersama Surat Permohonan ini kami mengajukan Permohonan untuk dapat menjadi pihak yang ikut berperkara dalam Perkara Perdata No. 691/Pdt.G/2008/PN.Sby.
Demikian Surat ini kami ajukan kehadapan Majelis Hakim Yth seraya mengharapkan kearifan dan keadilan atasnya untuk mana terlebih dahulu dihaturkan terima kasih.

Hormat kami

1. M. SYAIFUL ARIS, SH.

2. ATHOILLAH, SH.

3. M.FAIQ ASSIDIQI, SH.

4. ANSHORUL HUDA, SH.

5. NOERANA DIBYANTARSIH, SH.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s